Rumah Belajar Kemdikbud

rumah belajar

rumah belajar

Sejak diresmikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. DR. If. H. Mohammad Nuh, DEA. pada tanggal 15 Juli 2011, Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Unit Pelaksana Teknis Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (UPT. TKIP) selalu mengajak kepada guru-guru pada setiap pelatihan/sosialisasi dan kunjungan ke sekolah-sekolah pada perjalanan dinas dalam daerah mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA untuk memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud berbasis online.  Langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membangun portal rumah belajar ini tidak lepas dari dinamika dunia pendidikan yang menuntut pengembangan media pembelajaran yang multiakses, cepat, berbiaya murah, serta mampu menghubungkan banyak orang. Dirasakan oleh guru-guru terjadi perubahan yang baik pada aktivitas mengajar yang kian makin mudah dan menyenangkan.

Portal rumah belajar merupakan media belajar berbasis internet (online) yang didesain khusus sesuai dengan kebutuhan stakeholder untuk memudahkan guru dan siswa mendapatkan bahan atau materi untuk kepentingan mengajar siswa. Berbeda dengan situs internet pada umumnya, portal rumah belajar ini lebih menekankan sisi interaktivitas antara pengguna yakni guru dan siswa dengan portal rumah belajar itu sendiri. mengakses bahan belajar, berkomunikasi dan berinteraksi antar komunitas pendidikan. Sehingga portal ini juga bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain yang punya kemauan untuk belajar.

Diharapkan pengguna portal rumah belajar terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini terlihat dengan terbentuknya Komunitas Rumah Belajar Kemendibud pada tanggal 19 Agustus 2012 di Bogor Jawa Barat. Hingga saat ini jumlah anggota yang terdiri atas guru-guru se Indonesia kurang lebih sebanyak 1500 orang di Komunitas Rumah Belajar Facebook  http://www.facebook.com/groups/komunitas.rbk/. melalui portal rumah belajar,  konten dari portal ini bisa terus dikembangkan secara mandiri oleh para guru dan siswa yang aktif memanfaatkannya. Sementara itu, seiring aktifnya pengguna portal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan bertindak sebatas inisiator, fasilitator, serta regulator

Fasilitas Yang Disediakan

Sebagai media belajar yang berbasis online, portal rumah belajar didesain untuk memudahkan lalu lintas aktivitas para penggunanya. Terdapat 5 (lima) fasilitas utama yang bisa diakses oleh para guru dan siswa. Fasilitas itu adalah:

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Bahan Pembelajaran Interaktif
  • Aktifitas Belajar
  • Bank Soal
  • Katalog Media

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, guru dapat mendownload dan meng upload materi rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Silabus rancangan pembelajaran ini mengacu pada kurikulum inti, serta SK-KD yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum.

Bahan Pembelajaran Interaktif, guru dapat mengunduh multimedia pembelajaran seperti: materi pokok, modul on line, animasi, simulasi, video, audio, dan buku elektronik. tidak hanya itu, Bahan Belajar juga menyediakan katalog multimedia pembelajaran yang terdiri dari: teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi.

Aktifitas Belajar, para guru dan siswa bisa saling terhubung ke dalam forum yang terpilah menjadi:  forum diskusi, kelas maya dan bimbingan belajar baik sinkronus maupun asinkronus.

Bank Soal, para guru dan siswa bisa mengakses sarana evaluasi belajar yang berisi kumpulan soal. Kumpulan soal ini terbagi ke dalam dua kategori:

  1. Soal latihan interaktif di mana siswa dapat memilih materi atau topik tertentu yang diminatinya.
  2. Soal-soal ujian (try out) sesuai dengan bidang studi.

Katalog Media, ditampilkan semua kebutuhan gambar, animasi, video pembelajaran, suara, dan media presentasi guru yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan proses belajar mengajar guru di semua tingkatan.

Langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membangun portal rumah belajar ini tidak lepas dari dinamika dunia pendidikan yang menuntut pengembangan media pembelajaran yang multiakses, cepat, berbiaya murah, serta mampu menghubungkan banyak orang. Untuk itulah, pembangunan portal rumah belajar dirancang dengan sejumlah kelebihan yaitu:

  • menyediakan fasilitas belajar baik bagi siswa maupun guru
  • memiliki berbagai media pembelajaran berupa : teks, grafis, foto,audio, video, dan animasi.
  • menyediakan kumpulan soal yang lengkap baik untuk latihan maupun ujian.
  • guru dapat memodifikasi dan mereproduksi rancangan pembelajaran dan materi pembelajaran
  • siswa dapat mengembangkan jaringan komunikasi dan kreativitas
  • setiap aktivitas guru ataupun siswa akan tercatat dalam database dan portofolio yang bersangkutan

Berangkat dari sejumlah kelebihannya di atas, pengembangan portal rumah belajar ini diperkirakan membutuhkan waktu 4 (empat) tahun yang terbagi ke dalam 3 tahap. Pada tahap awal, yakni pada 2011, pengembangannya diarahkan untuk menyediakan aplikasi portal rumah belajar, dan pengisian konten purwarupa (prototype) berupa: rancangan pembelajaran, bahan belajar, bank soal, serta katalog media. Pada tahap 1 ini juga dikembangkan penyediaan template  rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dapat dimodifikasi oleh guru sesuai dengan kebutuhan.

Pada tahap 2 yang dimulai tahun 2012, pengembangan portal rumah belajar diarahkan untuk mengintegrasikan sistem database pembelajaran Kemendikbud yang terdiri dari: NUPTK, NISN, NPSN/PSP, aktifitas kelas maya dan Bank Soal yang terstandarisasi oleh Puspendik. Lebih jauh lagi, pada tahun 2012, portal rumah belajar juga mengembangkan sejumlah hal yakni :

  • penyediaan template modul online yang dapat dimodifikasi oleh guru, sehingga guru dapat membuat modul pembelajaran sendiri
  • penyediaan prototipe konten pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan.
  • penyediaan aplikasi karya kreativitas guru dan peserta didik
  • optimalisasi kelas maya dan bimbingan belajar online.

Untuk tahap 3 yang dimulai pada 2013 hingga 2014, portal rumah belajar akan dikembangkan untuk membuat database portofolio guru yang dapat menjadi bagian dari dokumen pendukung sertifikasi guru serta pengisian konten dan aktivitas dari dan untuk komunitas belajar.

Menilik desain tampilannya, portal rumah belajar dibuat semenarik mungkin dengan mengedepankan kemudahan bagi pengguna pada saat mengakses fitur atau menu yang disediakan. Pada halaman utama (beranda) pengguna akan melihat 4 jenjang pendidikan yakni: Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, disertai 5 (lima) menu fasilitas utama yakni: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Pembelajaran Interaktif, Aktivitas Belajar, Bank Soal dan Katalog Media. Masing-masing menu, selanjutnya bisa diklik untuk mengakses materi yang disediakan.

Saat pengguna mengklik menu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tampilan di layar akan langsung menginformasikan daftar RPP yang sudah dibuat. Informasinya mencakup judul materi, nama mata pelajaran, jenjang, serta penulis. Selanjutnya, pengguna bisa mengklik masing-masing judul RPP yang sudah tersedia. Begitu diklik, akan muncul informasi detail dari RPP yang dimaksud lengkap dengan indikator dan materi pembelajaran. Jika pengguna merasa perlu untuk mencetak RPP yang ditampilkan, portal ini sudah menyediakan fitur untuk pencetakan. Tinggal klik lalu materi bisa dicetak untuk dijadikan referensi bagi para guru bersangkutan. Mudah bukan?

Untuk memudahkan penggunanya, RPP yang disajikan dalam portal rumah belajar ini juga menyediakan ringkasan (summary) dari materi pokok yang tersaji untuk masing-masing sub judul. Adanya ringkasan ini akan sangat membantu pengguna untuk memastikan apa saja judul materi yang akan diakses. Semisal untuk materi pokok kelas 7 biologi, pengguna akan mendapati 3 ringkasan sub judul berupa: hipertensi, pencemaran udara, dan sistem ekskresi. Untuk masing-masing sub judul tersebut disajikan ringkasannya sebagai panduan bagi pengguna.

Ketika salah satu sub judul diklik, informasi detailnya akan langsung tersaji di layar monitor. Informasi yang disajikan ini meliputi: penjelasan tentang kompetensi, materi pelajaran, simulasi, latihan, hingga tes atas materi yang disajikan. Guna mengetahui popularitas materi pelajaran yang dimaksud, ditampilkan pula informasi berapa kali materi itu dilihat dan diunduh.

Pada menu Bank Soal, para guru dan siswa bisa melihat berbagai macam soal sesuai mata pelajaran. Jika berminat untuk mengerjakannya, pengguna juga bisa langsung mengisikan jawaban untuk tiap-tiap soal. Seluruh pengerjaan soal nantinya bisa langsung dihitung nilainya secara real time setelah soal-soal selesai dijawab. Dari penghitungan tersebut, pengguna bisa segera berapa jumlah jawaban yang benar berikut durasi pengerjaannya. Inilah sisi interaktivitas yang ditawarkan oleh portal rumah belajar.

Semua menu dan fitur yang disajikan di portal ini memang dirancang khusus bagi para guru dan siswa untuk pengembangan aktivitas belajar dan mengajar dengan memanfaatkan kelebihan multimedia sehingga bisa menambah nilai interaktifitas pengguna. Dengan adanya keterlibatan aktif penggunanya, portal ini nantinya akan menjadi sarana yang sangat efektif untuk mendiskusikan beragam hal seputar dunia pendidikan. Semuanya tentu demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Provinsi ulawesi Tengah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s